Tuesday, June 22, 2010

Jenis Hamster Yang Sering Ditemuin

Bagi anda Pengemar/hobby pelihara hewan, ikan, kelinci, atau kucing, tapi kali ini hewan yang mungil dan lucu ini, hamster biasa disebutnya, hewan yang satu ini paling bisa bikin gemess.. dengan tubuhnya yang mungil, gendut dan tingkahnya yang lucu menarik perhatian kita untuk memilikinya, Cara memilih hamster yang sehat dan berkwalitas bagus dan cara memelihara hamster pun cukup mudah.

1. Hamster siria 
Ciri-cirinya adalah memiliki bentuk tubuh yang paling besar sekaligus paling cepat dijinakkan. Hamster siria juga gerakannya lambat dan jarang menggigit sehingga cocok untuk dipelihara anak-anak. Perlu diperhatikan, karena memiliki badan yang lebih besar, berarti membutuhkan kandang yang lebih besar dan makanan yang lebih banyak. Catatan penting untuk hamster ini: status vulnerable (terancam). Pastikan hamster ini tidak akan mati sia-sia di tangan Anda.


2. Hamster mini campbell
Ciri-cirinya adalah termasuk dalam hamster mini. Termasuk hamster yang agak susah dijinakkan. Hamster ini mengenali lingkungan sekitarnya dengan menggigit kecil alih-alih untuk mengicipi. Jadi wajar jika hamster jenis ini sering menggigit jari kita. Walau demikian, jika sering dipegang, hamster ini tidak akan menggigit tuannya lagi. Hamster ini memiliki variasi warna yang paling banyak.


3. Hamster mini winter white 
Ciri-cirinya adalah memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan champbell. Winter white adalah saudara dekat champbell. Sering kali jenis ini dikwainkan oleh peternak dengan hamster champbell. Hal ini bukanlah tidakan bijak. Anda juga sebaiknya tidak mencampur hamster champbell dengan winter white. Tindakan ini hanya akan merusak kode genetik asli pada hamster. Mengapa disebut winter white? Karena pada musim dingin (di Indonesia musim hujan; sekitar bulan Desember sampai Februari) hamster jenis ini warnanya akan cenderung berubah keputih-putih-an. (Winter White = turn into white on winter). Hamster jenis ini jarang sekali menggigit, namun harnganya biasanya lebih mahal. Jika memiliki anggaran yang cukup besar, hamster jenis ini cocok dipelihara untuk anak-anak.


4. Hamster mini roborovski
Ciri-cirinya adalah memiliki tubuh yang paling mungil namun larinya paling cepat. Jika terlepas, hamster ini relatif lebih sulit ditangkap. Hanya ada 2 variasi warna: normal dan white face. Hamster jenis ini memiliki kumis yang sangat banyak. Roborovski white face memiliki wajah dan warna bulu yang jauh lebih putih dan terang dibandingkan roborovski normal. Hamster jenis ini tidak disarankan untuk pemula.


5. Hamster Mini Hybrid 
Ciri-cirinya adalah hamster yang lahir dari hasil silangan hamster campbell dan hamster winter white. Hamster ini tidak boleh mengikut show dan biasanya hanya beredar di kalangan hobiist yang suka mengumpulkan jenis-jenis hamster.

Hamster Hybrid rata-rata bentuknya hampir seperti hamster winter white. Oleh karena itu banyak yang mengkategorikan hamster ini sebagai hamster mini hybrid. Jika Anda tidak berniat memiliki hamster hybrid, Anda harus berhati-hati ketika memilih hamster terutama untuk jenis mini hybrid ini.


Kelebihan Hamster Hybrid : Sifat hamster ini hampir sama seperti hamster winter white dan juga dapat berubah warna karena suhu udara yang dingin.

Kelemahan Hamster Hybrid : Dari beberapa catatan dinyatakan bahwa hamster hybrid lebih rawan terkena penyakit seperti tumor dan diabetes. Dan kelemahan lainnya pun sama seperti hamster winter white.

No comments:

Post a Comment

Get paid To Promote at any Location